Bagian Kedua, Proto Evangelis - Keluarga Kudus Nazareth sekolah Roh Kudus (7 Karunia dan Buah Roh2)

Catatan. Perj. Lama.
Daud...
Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.  (1Sam 16:13)

Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-laki. Pada zaman Saul orang itu telah tua dan lanjut usianya. Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Betlehem. Kata Saul kepadanya: "Anak siapakah engkau, ya orang muda?" Jawab Daud: "Anak hamba tuanku, Isai, orang Betlehem itu." (1Sam 17:12,15,58)

Daud dan seluruh orang Israel mengangkut tabut TUHAN itu dengan diiringi sorak dan bunyi sangkakala. Tabut TUHAN itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tempatnya, di dalam kemah yang dibentangkan Daud untuk itu, kemudian Daud mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN.  (2Sam 6:15,17)

Roh Kudus mengambil peran utama dalam Karya Keselamatan ini....
.... "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.  (Mat 1:20)

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan 
Roh Allah (Roh Kudus) melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.  (Kej 1:1-3)

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.  (Yoh 1:1-4)

Gambaran peran Roh Kudus di dalam Keluarga Kudus Nazareth disini pula Sekolah Abdi Yusuf....

Nuangsa ini sangat kental.....
..... kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.  (Mat 1:20)

Buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.  (Gal 5:22-23)

....ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi ....(Mat 1:20)
St. Yusuf memiliki Karunia membedakan Roh, hanya didalam Keningan Batin dan Hidup rohani yg dalam.....  Karunia ini dapat kita capai agae apa yg lita putuskan dan dipilih yg terbaik berkenan bagi Allah...
Seperti St. Ingnasius dari Loyola.

Membuktilan pula keterbukaannya kepada Bimbingan Roh Kudus....

St. Yusuf guru tetapi juga murid serta rekanan dari Yesus untuk Mendengarkan dalam refleksi setta permunungan, ia memahami,.... Apa yg Yesus kehendaki  .... Karena ia memahi arti Makaud dari....anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Bid (Mat 1:20)

Sebuah Sekolah pengabdian dan menerima tanpa bertanya, hanya mendengarkan Kehendak Allah....

Kedua. Proto Avangelis ini sangat penting Sekolah Keluarga Kudus dari Nazareth yg  Dibimbing. Diterangi. Dituntun. Diajar dan Dibentuk.... Oleh Roh Kudus....
Kisah Perj. Lama terulang dan juga tersambung kembali relasi antara Yakub dan Yusuf.

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.  (Mat 1:16)

Ini dari bermula sapaan malaikat tentang Anak yg akan Maria kadung demikian pula penegasan malaikat kepada Yusuf....

Injil Matius....

"Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka."  (Mat 1:20-21)

kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepadaNya takhta Daud, bapa leluhurNya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan KerajaanNya tidak akan berkesudahan." Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.  (Luk 1:27,31-33,35)

Renungan dan Refleksi, Kel. Kudus Nazareth adalah Sekolah Roh Kudus yg Menerangi. Membimbing. Membentuk. Menginspirasi. Menuntun dan Mengarahkan....

Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.  (Mat 7:16-17,20)

Apa yg menjadi pertimbangan ini sebab yg dititipkan adalah Kandungan Roh Kudus yg menjadi Manusia dalam segala Kerapuhan. Kelemahan. Kesederhanaan. Kemurnian dan Kesetiaan.
Pertimbangan gambaran dari cara Yesus dalam mengajar dengan kata yg sangat Sederhana. 
Terang. Lugas dengan Perumpaan yg sangat mudah dipahami oleh mereka yg tidak berpengetahuan tentang Kitab Suci dan orang asing (bukan bgs. Israel penganut Taurat Musa).

Peran St. Yusuf sebagai Pengantar sekaligus Memperkenalkan tradisi Nenek Moyang.

Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.... Dan ketika orang tuaNya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibuNya kepadaNya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? BapaMu dan aku dengan cemas mencari Engkau."

JawabNya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah BapaKu?" 

Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibuNya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya. 

Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmatNya dan besarNya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. (Luk 2:42,47-49,51-52)

Gambaran Peran dan penyertaan Roh Kudus dalam Keluarga serta buah2 Roh Kudus dalam Pibadi Yesus....

Buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,  (Gal 5:22-25)

Peran Roh Kudus dalam menuntun, mengajar, membimbing dan menerangi Kel. Kudus Nazareth.

Doa Penerangan Roh Kudus

Ya Bapa, utuslah Roh Kudus memenuhi hati umat-Mu, dan menyalakan di dalamnya api cinta-Mu.
P Utuslah Roh-Mu, maka semuanya akan dicipta kembali.
U Dan Engkau akan membaharui muka bumi.
Marilah kita berdoa. (Hening)
Ya Allah, Engkau telah mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus. Berilah supaya berkat Roh yang kudus ini kami senantiasa berpikir benar, bertindak bijaksana, serta selalu bergembira karena penghiburan-Nya. Demi Kristus, Tuhan kami.
Amin.


Semoga berkenan.

Ite ad Ioseph
Dilanjutkan bagian K III

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebenaran Mutlak telah menjadi manusia dan hidup yaitu Kristus Yesus.

Semua akan indah pada waktunya

Mari kita mengenal lebih dekat St. Yusuf - Abdi yg Istimewa bagi yg mencintai Yesus dan Maria.