Mencari Allah yg Hidup.... Tumbuh. Berbuah dan Berubah

Sharing tentang mencari Allah yg hidup....

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.  (Yoh 1:1-5)

barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."  (Yoh 4:14)

Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan RohNya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepadaNya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya." (Yoh 3:34-36)

Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.  (Yoh 14:26-27)

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah BapaKu dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-muridKu."  (Yoh 15:5,7-8)

Refleksi n renungan tentang kehidupan menurut Kitab Suci Perj. Lama dari Kej. 1:1 sampai kepada Perj. Baru Why 22 : 21

Dari seluruh kisah yg ditulis dalam Taurat Musa ) Kejadian. Keluaran. Imamat. Bilangan dan Ulangan....
Kitab2 tidak karena dari satu orang tetapi dari dua kelompok Tologis dan Sufi.... Pengetahuan (Akal Budi) dan Rohani.

Allah telah mewahyukan Diri Nya keterbatasan Manusia yg sejak awal telah melanggar dengan Upah dosa adalah Kematian.... Lalu perziarahan manusia pertama dalam hidup pasang surut, setia dan berpaling dari Allah.... Ternyata Allah demikian mencintai manusia tanpa batas..... Terus berusaha Menyertai. Menuntun dan Mengajar walau Manusia terus berpaling tetapi Allah tetap setia walau Hati Nya demikian indah akan  Kasih Nya harus dilukai dan disakiti..... Tetapi Allah tetap percaya bahwa Akan Memenangkan dan Meraih kembali Cinta Nya yg hilang karena Pemberontakan manusia.... Allah itu panjang dan sabar, seperti ungkapan Yesus anak yg hilang,.... Allah selalu Mwnantikan agar semua kembali kedalam Kerahiman Nya..... Tanpa sedikitpun Citra Nya tampak dari Manusia yg di ciptakan dengan Sempurna dan Baik ada Nya.

Kasih Allah itu luar biasa tak putus sampai saat ini, hanya saja Menusia tidak sadar bahwa Allah merindukan Anak2 untuk Kembali.....

Akhirnya dizaman Terakhir Allah mengutus Putra yg paling dicintai dan dikasihi untuk Mencari. Membimbing. Mengajar dan Menyelamatkan umat yg dikasihiNya..... Yg menaruh Iman. Pengharapan dan Kasih hanya kepada Nya.....

Yesus telah Menunjukan bagaimana Allah betapa Mencintai manusia tanpa pilih kasih dan semua orang sangat berkenan..... Allah rela mengorbankan yg paling IA cintai untuk dikorbankan demi Keslamatan dan Kebagiaan Manusia.....

Bukti kasih Allah yg mau menjadi manusia sama seperti kita dalam segala kelemahan dan kerapuhan tetapi tidak sedikitpun Dosa.... Yesus telah menunjukan Seluruh pengabdian hidupNya demi kemuliaan Bapa Nya di surga,.... Bukan kehendak Ku yg terjadi tetap Kendak Mu yg terjadi pada Ku.... Inipun Mengingatkan kepada Sang Ibu Anak Domba, Maria..... Yg seluruh hidupnya untuk Mengabdi walau harus Pahit dan Getir sampai Memangdang Putranya, Yesus yg baik dan lembut di kayu salib.... Tak ada hati lebih menyakitkan, dimana melihat anaknya tergatung yg sebenarnya Ia membawa orang kedalam Kebahagiaan dan Keslamatan.... Pedang telah menembus hatinya.... 
Dalam segala derita yg Ia alami sejak Kelahiran Nya,..... Tidak ada untuk menaruh kepalaNya, dicemooh, dihina, disakiti.....

Ini semua gambaran bagaimana Manusia telah Menyakiti Allah,.... Semua penderitaan Lahir dan Batin telah Yesus tanggung sebagai Silih demi KasihNya kepada Allah dan kepada Sesama.... Seperti Hkm. Kasih yg mengikat seruh Taurat Musa.....

"Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."  (Mat 22:36-40)

Yesus adalah Sesama....

Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.  (Mat 25:35-36,44-45)

Yesus Taat akan Bapa Nya di surga...
Yesus dengan Setia. Patuh dan Taat kepada Bapa Nya disurga....  Sampai puncak Nya.... Elio. Elio Sabak tani (Allah. Allah mengapa Engkau tinggalkan Aku.....)

Dari seluruh perziarah Sang Putra Allah kita harus belajar, bahwa Allah dengan rela Memberikan Harta Surgawi yg IA miliki,..... Anak yg demikian Mencintai dan Mengasihi Bapa Nya,.... Semua demi Meraih Hati manusia yg telah Keras.... Dan membatu seperti Granit....
Dengan Tubuh dan Darah serta Air LambungNya yg suci, untuk Menghancurkan Kekerasan pemberontakan itu....

Yesus adalah Gambaran Allah dan Citra Sejati Nya..... Telah hadir menjadi Manusia yg berziarah sebagai Gembala yg Baik....

Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan BapaKu yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga."  (Mat 10:32-33)

Wajah Allah yg selama tidak dapat dipahami telah hadir menyertai kita Sang Emanuel..... Dan tak segan segan Allah memberikan cinta yg Tulus dan Penuh kesabaran dalam Kasih, tampak didalam Diri Yesus.....

Kepada Yusuf....
Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka."  (Mat 1:21)

Kesaksian Yoh. Pembaptis....
Lalu Yesus menjawab, kataNya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menurutiNya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atasNya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah AnakKu yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan." (Mat 3:15-17)

Kadang kita sering lupa masih ingin mencari Allah yg lain..... Sedang Allah telah menyatakan itu melalui saksi Perj. Lama dan Baru.....

Pucak dari Kesaksian Allah....
Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajahNya bercahaya seperti matahari dan pakaianNya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia. Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."  (Mat 17:1-3,5)

Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-muridNya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuhKu." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darahKu, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan BapaKu."  (Mat 26:26-29)

Ini pesan terkhir Yesus kepada murid demikian juga kepada kita yg ditebus Nya....

Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat 28:18-20)

Pertanyaan, Apa lagi yg ingin ditanyakan sebab semua telah nyata dalam injil....

Refleksi rohani dari seluruh kisah ini..... Apakah kita masih mencari yg lain....
Bukankah Allah telah menunjukan bagaiman kita dapat Menjumpai Nya.....

Yesus sungguh manusia dan sungguh Allah yg hidup,....

Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.  (Mat 28:17)

Apakah kita masih ragu....

Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?"..... Bid (Mat 8:26)

Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan BapaNya diiringi malaikat-malaikatNya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.  (Mat 16:27)

Mari kita kembali kepada Nya....
Kembali kepada ajakan Pertama....

Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."  (Mat 9:11-13)

Sesuai yg diwahyukan kepada St. Yusuf...

bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"  (Mat 4:16-17)

Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.  (Mat 4:19-20)

Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" — bid (Mat 9:6)

Semakin jelas untuk Menjumpai Allah kita harus datang dengan Pertobatan.... Bukan yg lain.... Sebab Allah ada, hadir dan hidup didalam setiap ciptaan Nya termasuk ciptaan yg lain..... 
Dengan cara itu kita Menjadi manusia Baru,.... Berani Berubah dan Menjadi Berkat.

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Mat 5:48)

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah namaMu, datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.] 

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 
Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."  (Mat 6:9-15)

......"Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. Maka BapaKu yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu." (Mat 18:21-22,35)

Perjumpaan dengan Allah yg hidup diawali dengan Mengampuni.... Berdamai dengan diri sendiri..... Dan bangkit datang kepada Yesus....

Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan."  (Mat 11:28-30)

Semoga berkenan.

Ite ad Ioseph.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebenaran Mutlak telah menjadi manusia dan hidup yaitu Kristus Yesus.

Semua akan indah pada waktunya

Mari kita mengenal lebih dekat St. Yusuf - Abdi yg Istimewa bagi yg mencintai Yesus dan Maria.